Ilmu Sosial

Ilmu sosial (Inggris:social science) atau ilmu pengetahuan sosial (Inggris:social studies) adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia di masa kini dan masa lalu. Berbeda dengan ilmu sosial secara umum, IPS tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap masyarakat.
Ilmu sosial, dalam mempelajari aspek-aspek masyarakat secara subjektif, inter-subjektif, dan objektif atau struktural, sebelumnya dianggap kurang ilmiah bila dibanding dengan ilmu alam. Namun sekarang, beberapa bagian dari ilmu sosial telah banyak menggunakan metoda kuantitatif. Demikian pula, pendekatan interdisiplin dan lintas-disiplin dalam penelitian sosial terhadap perilaku manusia serta faktor sosial dan lingkungan yang mempengaruhinya telah membuat banyak peneliti ilmu alam tertarik pada beberapa aspek dalam metodologi ilmu sosial. Penggunaan metoda kuantitatif dan kualitatif telah makin banyak diintegrasikan dalam studi tentang tindakan manusia serta implikasi dan konsekuensinya.
Karena sifatnya yang berupa penyederhanaan dari ilmu-ilmu sosial, di Indonesia IPS dijadikan sebagai mata pelajaran untuk siswa sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah tingkat pertama (SMP/SLTP). Sedangkan untuk tingkat di atasnya, mulai dari sekolah menengah tingkat atas (SMA) dan perguruan tinggi, ilmu sosial dipelajari berdasarkan cabang-cabang dalam ilmu tersebut khususnya jurusan atau fakultas yang memfokuskan diri dalam mempelajari hal tersebut.

العلوم الاجتماعية (المملكة المتحدة : العلوم الاجتماعية) أو العلوم الاجتماعية (المملكة المتحدة : دراسات الاجتماعية) هي مجموعة من التخصصات الأكاديمية التي تدرس الجوانب المختلفة المتعلقة بالبيئة البشرية والاجتماعية. العلم يختلف عن الفنون والعلوم الإنسانية لأنه يركز على استخدام الأساليب العلمية في دراسة الكائنات البشرية ، بما في ذلك الأساليب الكمية والنوعية. هذا المصطلح يشمل أيضا البحوث التي تصف مع تغطية واسعة في مجموعة متنوعة من المجالات بما في ذلك السلوك البشري والتفاعل في الحاضر والماضي. على عكس العلوم الاجتماعية بصفة عامة، والمؤسسة لا يركز على موضوع واحد في العمق ولكن بدلا تقديم نظرة عامة واسعة من المجتمع.
العلوم الاجتماعية، في دراسة جوانب المجتمع بوصفه ذاتية، في جملة ذاتي وموضوعي، أو الهيكلية ، وكان يعتقد في السابق أن يكون أقل العلمية بالمقارنة مع العلوم الطبيعية. لكن الآن ، وقد تحقق بعض أجزاء من العلوم الاجتماعية على نطاق واسع الأساليب الكمية. وبالمثل ، حققت نهج متعدد التخصصات ومتعدد التخصصات في مجال البحوث الاجتماعية على السلوك البشري والعوامل الاجتماعية والبيئية التي تؤثر فيه الكثير من الباحثين في العلوم الطبيعية المهتمة في بعض جوانب منهجية العلوم الاجتماعية. [1] وقد تم استخدام الأساليب الكمية والنوعية المتكاملة على نحو متزايد في دراسة عمل الإنسان والآثار والعواقب.
لأنه هو تبسيط العلوم الاجتماعية ، في خدمة المؤسسة اندونيسيا كرعايا لطلاب المدارس الابتدائية (SD)، والمدارس الإعدادية (المدرسة الإعدادية / مدرسة اعدادية). أما بالنسبة لمستوى أعلى منه، بدءا من المدرسة العليا المستوى الثانوي (الثانوية العامة) ، والكلية، ودرس العلوم الاجتماعية على أساس من فروع العلم لقسم معين أو أعضاء هيئة التدريس التي تركز على دراسة ذلك.

Social Sciences (UK: social science) or social science (UK: social studies) is a group of academic disciplines that examine different aspects related to human and social environment. Science is different from the arts and humanities because it emphasizes the use of scientific methods in studying human beings, including quantitative and qualitative methods. This term also includes describing the research with extensive coverage in a variety of fields including human behavior and interaction in the present and the past. Unlike the social sciences in general, the IPS does not focus on one topic in depth but rather provide a broad overview of the community.
Social sciences, in studying aspects of society as a subjective, inter-subjective, and objective or structural, previously thought to be less scientific when compared with the natural sciences. But now, some parts of the social sciences has been widely used quantitative methods. Similarly, interdisciplinary approaches and cross-disciplinary in social research on human behavior and social and environmental factors that influence it has made a lot of natural science researchers interested in some aspect of social science methodology. The use of quantitative and qualitative methods have been increasingly integrated in the study of human action and the implications and consequences.
Because it is a simplification of the social sciences, in Indonesia IPS serve as subjects for elementary school students (SD), and junior secondary schools (junior high school / junior high school). As for the level above it, starting from the upper level secondary school (high school) and college, studied social sciences based on the branches of the science of the particular department or faculty that focused on studying it.